Selasa, 24 Januari 2017

BAB 1

BAB I

PENDAHULUAN

1 Latar Belakang Masalah

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata. Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut. Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra. Jadi Desain Pemodelan Grafik adalah suatu proses menciptakan objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat untuk informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.

2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penulisan buku ini adalah bagaimana membuat suatu chart dalam aplikasi yang digunakan highchart yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis chart yang ada.

3 Batasan Masalah

Batasan masalah yang penulis uraikan disini adalah konsep dari Column Chart, Combo Chart, dan Diff Chart. Penulis juga menyertakan perangkat lunak yang mendukung dan contoh kasus dari Column Chart, Combo Chart, dan Diff Chart.

4 Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan buku ini adalah agar pembaca dapat memahami teknik-teknik yang digunakan dalam menggunakan highchart sehingga, para pembaca dapat mengaplikasikannya dalam pembuatan suatu chart.

5 Metode Penelitian

Metode penelitian dari penulisan buku ini adalah referensi buku dan referensi internet dimana dalam hal ini penulis mencari materi tentang jenis-jenis chart, kemudian penulis mencoba mengaplikasikannya dalam membuat macam-macam chart dengan highchart

6 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan, penulis menguraikannya dalam beberapa bab sebagai gambaran singkat tentang pokok pembahasan penulisan. Sistematika penulisan sebagai berikut :

• BAB I PENDAHULUAN

Bab ini membahas latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

• BAB II KONSEP DAN TEORI COLUMN CHART, COMBO CHART, DIFF CHART

Bab ini membahas konsep dari Column Chart, Combo Chart, dan Diff Chart. Teknik-teknik yang ada dalam membuat Column Chart, Combo Chart, dan Diff Chart.

• BAB III PERANGKAT LUNAK YANG BERHUBUNGAN DENGAN HIGHCHART

Bab ini membahas perangkat lunak yang mendukung atau menerangkan konsep pada bab 2, dan deskripsi perangkat lunak tersebut.

• BAB IV CONTOH KASUS PEMANFAATAN HIGHCHART

Bab ini berisi kasus atau contoh serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari Column Chart, Combo Chart, dan Diff Chart yang menggunakan HIGHCHART

• BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang sifatnya mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah disajikan dalam tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar